Pemijatan Chiropractic Memang Bebas Resiko

Sekilas tekniknya seperti teknik urut biasa. Seorang praktisi Chiropractic (disebut juga chiropractor) akan meraba-raba dan mengurut-urut punggung dalam mengobati seseorang. Tapi sebetulnya chiropractic tidak sesederhana itu. Tekniknya pun hanya boleh dilakukan oleh seseorang yang sudah ahli di bidang ini. Lalu, apa bedanya chiropractic dengan teknik urut biasa?


Prosedur tindakan penyembuhan yang paling umum dilakukan oleh chiropractor adalah ‘manipulasi tulang belakang’, yang disebut juga ‘penyesuaian Chiropractic‘. Tujuan manipulasi ini adalah untuk mengembalikan mobilitas sendi dengan memberikan semacam pijatan dengan tangan pada sendi yang kaku akibat adanya cedera pada jaringan otot disekitarnya. Cedera jaringan otot bisa disebabkan oleh aktivitas tunggal seperti mengangkat benda yang berat secara tiba-tiba, atau aktivitas yang dilakukan berulang seperti duduk dengan posisi tulang belakang yang salah dalam waktu yang cukup lama. Jaringan yang cedera akan menyebabkan perubahan fisik dan kimia, yang dapat menyebabkan timbulnya radang dan pembengkakan, nyeri, dan gerakan menjadi terbatas. Tindakan manipulasi atau penyesuaian tadi akan mempengaruhi sendi dan otot agar lebih lemas dan tidak terlalu kaku, sehingga rasa nyeri bisa berkurang, dan perlahan-lahan cedera jaringan yang dialami akan sembuh dengan sendirinya.

Chiropractic saat ini telah diketahui sebagai salah satu teknik pengobatan non-invasif dan bebas obat untuk mengobati nyeri punggung, nyeri leher, nyeri sendi, sakit kepala dan gangguan neuromusculoskeletal lainnya. Walaupun metode Chiropractic memiliki tingkatan keamanan yang amat baik, sebetulnya tidak ada satu tindakan pengobatan pun yang benar-benar bebas efek samping dan resiko.

Namun resiko-resiko yang berhubungan dengan Chiropractic bisa dibilang sangat kecil. Kebanyakan pasien bisa segera merasakan efek pengobatan setelah diberi tindakan, namun beberapa orang juga mengalami rasa nyeri ringan, seperti orang yang habis berolahraga. Literatur terbaru menunjukkan bahwa rasa tidak nyaman atau nyeri setelah tindakan manipulasi tulang belakang umumnya berangsur-angsur hilang dalam 24 jam.

Info Terkait – Chiropractic

Blog Archive