Inilah Review AKG 518 Streo Headphones DJ

AKG 518 DJ. Tak banyak Harman melansir produk untuk segmentasi ini. Namun, demikian secara pondasi headphone DJ memiliki ciri khas tersendiri yang jarang ditemui di headphone lain. Salah satunya adalah fitur 3D-axis mekanisme folding yang sengaja dibuat untuk kemudahan pemakai (disc jockey)sekalipun pemula yang baru belajar di sekolah DJ, khususnya saat sedang men-DJ. Mekanisme ini memungkinkan pergerakan 180ยบ bantalan earphone-nya yang bertipe closed back.

Konstruksinya yang kokoh dengan desain yang manis, cukup memikat di awal. Terkategorikan sebagai headphone supraaural, lagi-lagi untuk menunjang fungsi yang dibuat nyaman, ringan dan fleksibel. Sehingga, berbeda dengan tipe circumaural (full size headphone) dengan bantalan/earpad yang berukuran lebih besar, yang membuat headphone jenis ini terkesan serius. Namun, bukan berarti AKG 518 DJ ini, dibuat untuk main-main. Keseriusannya cukup teruji di kemampuan isolasinya yang maksimal untuk kelas supraaural, meskipun belum sebagus yang circumaural.

Jika sempurna menggunakannya (selayaknya menggunakan sebuah headphone), maka suara yang datang dari luar lumayan dapat terisolir. Berasa senyap dengan material bantalan yang nyaman di telinga, tanpa menimbulkan rasa panas meski telah menggunakannya lebih dari dua jam dengan kondisi telinga tertutup. Kenyamanan tersebut, juga didukung dengan pengaturan headband sesuai ukuran kepala. Bahkan, ternyata Harman cukup perhatian juga dengan ukuran kepala yang tergolong kecil pada ukuran minimum yang disediakannya.

Masih terkait dengan kemampuan isolasi suaranya, AKG 518 DJ hadir dengan ambient noise yang minim. Alhasil, hal seperti ini menimbulkan efek kualitas suara yang lebih jernih, yang masuk ke telinga pendengar. Terkategori bagus mengeluarkan nada-nada rendah, namun headphone ini masih dalam kelas yang tidak terlalu 'wah' dalam mengeluarkan suara musik dan vokal secara keseluruhan. Apalagi, kemampuan SPL yang besar yang dijanjikan tidak terbukti, padahal kekerasan suara merupakan salah satu cara untuk menekan noise yang datang dari luar. Akan tetapi, setidaknya headphone ini berhasil menghadirkan imaging suara yang hidup.

Info Terkait – Sekolah DJ

Blog Archive