Pengembangan Penerjemah Suara Otomatis Dari Google


Penerjemah Bahasa - Alangkah asyiknya kalau semua orang bisa saling menelepon siapa saja tanpa halangan bahasa. Mimpi inilah yg coba diwujudkan Google dgn mengembangkan penerjemah bahasa suara otomatis yg akan menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lainnya.

"Kami pikir penerjemah suara ke suara mungkin dan bisa diwujudkan dalam beberapa tahun saja," ujar Franz Och, kepala layanan penerjemah Google seperti dilansir Times Online. Ia percaya penerjemah bahasa lisan ke suara mungkin silakukan jika tingkat akurasi mesin pengenal suara dan penerjemah bahasa ditingkatkan kemampuannya lagi. Ia katakan Google tengah melakukan riset utk mewujudkannya dalam beberapa tahun ke depan.

Google saat ini sudah memiliki layanan penerjemah utk 52 bahasa di sleuruh dunia dgn database yg terus ditambah akurasinya. Selain itu, Google juga memiliki mesin pengenal suara yg saat ini dipakai pada aplikasi layanan pencarian di smartphone.

Sistem yg sedang dikembangkan akan mengombinasikan kedua teknologi dan menggunakan database Google yg aktif mengindeks bahasa dari berbagai situs di seluruh dunia. Namun, diakui tidak mudah membuat mesin penerjemah bahasa secara suara karena setiap penutur punya dialek, aksen, dan cara bicara yg berbeda-beda.

"Namun, mesin pengenal seperti ini akan efektif digunakan di ponsel sebab secara alami sangat personal bagi pemakainya. Ponsel akan mengenali gaya bicara dari rekaman-rekaman suara sebelumnya," ujar Och.

Mesin seperti ini bukanlah yg pertama ada. Apple sudah lebih dulu merilis aplikasi penerjemah bahasa secara suara di iPhone dgn nama Jibbigo meski saat ini baru tersedia utk penerjemah bahasa Inggris ke Spanyol dan Inggris ke Jepang. Dgn dukungan dana dari Badan Pertahanan AS melalui proyek DARPA, akankah mesin buatan Google akan lebih mumpuni?

Sumber: kompas.com

Temukan Info Lain Seputar Penerjemah Bahasa

Blog Archive